INSTRUMEN PENGAMATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Teman-teman, kali ini saya akan membagikan Instrumen pengamatan pelaksannaan pembelajaran, ini diperlukan sekali oleh guru sebagai panduan dalam mengajar di kelas terlebih lagi apabila diadakan supervisi kita jadi tahu apa sj yang dinilai.


INSTRUMEN PENGAMATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Guru yang diamati                              : ________________________
Sekolah                                                                : ________________________
Tanggal Pengamatan                                      : ________________________
Materi poko/materi pembelajaran          : ________________________________
Petunjuk :
Berikut disajikan poin berkenaan dengan pelaksanaan pembelajaran yang anda amati dengan memberi tanda (V) pada kolom pilihan
                Ya           = 1, Tidak = 0
No
Komponen/Uraian
Keterlaksanaan
Ya
Tidak
A
Kegiatan Pedahuluan


1
Guru menyiapkan fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran


2
Guru memberikan motivasi


3
Guru melakukan apersepsi


4
Guru menyampaikan cakupan materi pembelajaran          


5
Guru menyampaikan hal-hal yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran


B
Kegiatan inti


6
Guru melibatkan peserta didik dalam mencari informai yang luas dan mendalam


7
Guru memilih dan menggunakan media dan sumber belajar dengan tepat


8
Guru menggunakan metode atau model pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai dan karakerstik peseta didik


9
Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antar  peserta didik, peserta didik dengan guru dan peserta didik dengan lingkungan dan peserta didik sumber belajar lainnya


10
Guru melibatkan peseta didik secara aktif dalam kegiatan pembelajaran


11
Guru mendorong peserta didik untuk  membaca.


12
Guru memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi dll untuk memunculkan gagasan baru secara lisan ataupun tertlis


13
Guru memberi kesempatan peserta didik untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut


14
Guru memfasilitasi peerta didik untuk bekerjasama


15
Guru memfasilitasi peserta didik untuk berkompetisis secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajarnya


16
Guru memfasiliasi peserta didik menyajikan hasil kerja secara individu maupun kelompok


17
Guru memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri


18
Guru memberkan umpan balik positip dan penguatan dalam secara lisan, tulisan terhadap keberhasilan peserta didik


19
Guru memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi


20
Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya


21
Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang  atau belum berpartisipasi secara aktif di kelas


C
Kegiatan Penutup


22
Guru memfasilitasi peserta didik menysun rangkuman/simpulan pembelajarn


23
Guru memberikan latihan pengembangan unuk mengaplikasikan hasil pembelajaran


24
Guru memberikan tugas untuk meningkatkan pemahaman materi pembelajaran


25
Guru melakukan penilaian hasil belajar


26
Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang dilakukan secara konsisten


27
Guru merencanakan tindak lanjut hasil penilaian dalam bentuk remedial atau pengayaan


D
Lain-lain


28
Sajian materi pembelajaran terorganisasi dengan tepat, runut dan rinci


29
Peserta didik antusias mengikuti kegiatan pembelajaran


30
Guru mengelola waktu dengan baik


31
Guru menggunakan bahasa yang santun, komunikatif, baik dan benar


32
Pembelajaran menumbuhkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan



Jumlah



1         Nilai hasil pengamatan             : ( Jumlah jawaban ya/32) X 100 = ____________
2         Kesimpulan hasil pengamatan: __________________________________________________
3         Catatan Hasil pengamatan dan tindak lanjut:
a.          _______________________________________________________________________
b.         _______________________________________________________________________
c.          _______________________________________________________________________
                                                                                                                                                ___________,______2016

                                                                                                                                                Pengamat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Penggunaan "IN, ON, dan AT" (Tempat)

Puisi Tentang Anak Berkebutuhan Khusus

DOWNLOAD BUKU GURU DAN BUKU SISWA K13 REVISI UNTUK SLB